Pantulan Warna Zona 1

Pantulan Warna Zona 1

Pantulan warna perjalanan rasa dan asa selama menyelesaikan petualangan di Zona 1 Komunikasi Produktif selama 15 hari yang lalu membuat saya semakin banyak belajat untuk bersabar.

Salah satu kunci baiknya komunikasi itu adalah sabar bagi saya. Saya harus menurunkan ego, dan mencoba mengikuti alur kemauan anak seperti apa, lalu saya diskusikan dengannya dengan bahasa anak-anak tentunya.

Perjalanan rasa di Zona Komunikasi Produktif ini membuat saya semakin mengenali diri saya, saya lebih tahu apa yang kurang dan lebih dari diri ini. Kekurangan bukan sebuah kesalahan, namun hal yang harus diperjuangkan untuk diperbaiki. Kelebihan juga harus selalu dirawat, dijaga, agar tetap konsisten adanya.

Komunikasi produktif ini belum sepenuhnya berhasil saya lewati. Bagi saya ini perjalanan sepanjang hidup bagaimana kita berkomunikasi dengan baik kepada siapapun. Dengan komunikasi yang baik, tidak ada salah penafsiran, salah maksud dengan apa yang kita sampaikan dan ditangkap oleh lawan bicara kita.

Saya banyak belajar untuk memperhatikan nada berbicara, kepada siapa saya berbicara, bentuk ungkapan yang membuat orang bahagia dan senang seperti apa. Semoga komunikasi produktif saya semakin baik dari hari ke hari, waktu ke waktu, karena sesungguh baiknya hubungan kita dengan siapapun diawali dengan komunikasi yang baik.

Iklan
Komunikasi Produktif Day-15

Komunikasi Produktif Day-15

Hari ini mangajarkan Ayyash agar paham bahwa segala keinginannya tidak harus saya turuti.

Temuanku Hari Ini

Ayyash meminta barang-barang di rak dinding agar diturunkan satu per satu. Beberapa barang yang aman untuk digigit aku berikan. Lalu ada beberapa barang seperti minyak telon yang rawan tutup botolnya digigit Ayyash, sehingga aku tidak memberikannya sama sekali.

Tantangan yang Kuhadapi Hari Ini

Ayyash menangis kencang sekali ketika permintaannya tidak kuturuti. Ia menginginkan minyak telon yang aku tahu akan dicoba untuk dibuka tutupnya.

Poin Komunikasi Produktif Hari Ini

Aku selalu mencoba menjelaskan kepada Ayyash agar ia tahu minyak telon bukan untuk diminum walaupun bentuknya cair. Aku mencontohkan dan mengoleskan minyak telon itu ke kulitnya Ayyash agar ia tahu penggunaan benda itu. Tapi Ayyash memang masih tertarik untuk membuka tutup botol minyak dengan mulutnya.

“Ayyash, minyak telon ini bukan untuk diminum, Sayang”

Ia menatapku sebentar, lalu melanjutkan usahanya untuk membuka tutup botol minyak telon.

“Sini Bunda pinjam sebentar”, sambil mengambil minyak telonnya.

Ayyash sempat merengek karena aku mengambil minyak telonnya. Kupercepat mengoleskan minyak telonnya ke kulit tangan Ayyash, lalu memberikannya kembali pada Ayyash.

“Nah, minyak telonnya untuk badan Ayyash agar hangat, Nak. Bukan untuk diminum ya”.

Ia masih ingin membuka tutup botolnya.

Kubiarkan sebentar sambil memperhatikan benda apa yang lebih menarik perhatian Ayyash. Sejenak aku melihat mainan truk. Kemudian langsung kualihkan perhatiannya.

“Ayyash, ini truknya bagus banget ya, warna kuning cerah. Ayyash pernah nggak lihat truk yang lebih besar?”, tanyaku dengan penuh ekspresi.

Aku memainkan truknya maju mundur sambil mengucapkan “Brom…brom…brom…truk kuning mau lewat dulu ah”.

Ayyash kemudian tertarik bermain truk dan meninggalkan minyak telonnya. Tanganku langsung sigap menyembunyikan minyak telonnya dari Ayyash.

Rencanaku Esok Hari

Ayyash perlu dilatih terus untuk mengerti benda apa saja yang boleh ia mainkan dan fungsinya seperti apa dengan gaya bahasa anak toddler.

Bintangku Hari Ini

**** (4)

Aku berhasil walaupun belum menggunakan bahasa fungsi dari benda. Ayyash belum paham mengapa botol minyak telon tidak boleh dimasukkan ke mulutnya.

#harike-15

#tantangan15hari

#zona1komprod

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia

Komunikasi Produktif Day-14

Komunikasi Produktif Day-14

Hari ini mengajarkan Ayyash agar mandi dengan tenang, terutama di bagian ketika membasuh rambutnya.

Temuanku Hari Ini

Ayyash melompat seperti merasa ketakutan ketika aku membasuh rambutnya ketika mandi. Ia tidak mau rambutnya dibasahi. Ia menolak tanganku ketika membasahi rambutnya. Padahal aku mengguyur kepalanya dengan hati-hati.

Tantangan yang Kuhadapi Hari Ini

Ayyash menepis tanganku dan mengambil gayung yang berisi air, lalu menumpahkannya ketika tahu akan kubasuh kepalanya. Ia sepertinya trauma pernah mendapatkan posisi yang tidak siap ketika dibasuh kepalanya.

Poin Komunikasi Produktif Hari Ini

Ketika mulai membasuh rambutnya Ayyash, aku mengajaknya untuk berdialog sebentar.

“Ayyash, Bunda mau basuh rambutnya ya, biar rambutnya Ayyash wangi, segar, sehat, Nak”

Ketika melihat tanganku mengarahkan gayung ke atas kepalanya, ia mencoba menepisnya.

Aku mencoba membasuh kepalanya pelan-pelan. Tapi Ayyash seperti melompat, “kelelepan”, dan menahan tanganku.

“Nggak apa-apa, Sayang. Kita coba bersihkan rambutnya ya dengan air”

Lalu dia berjalan ke depan, seperti menjauhiku.

Ketika ia sibuk bermain dengan shower, aku membasuh kepalanya perlahan. Dan ia masih menepis tanganku. Aku memeluknya, mencoba memberikan rasa aman bahwa ia tidak apa-apa.

Sepertinya Ayyash mengalami trauma karena pernah diguyur dalam kondisi yang tidak siap atau shamponya pernah mengenai mata.

Aku belum berhasil meyakinkan Ayyash bahwa ia aman ketika diguyur air kepalanya.

Rencanaku Esok Hari

Terus sounding ke Ayyash sebelum mandi dan sesudah mandi bahwa ia aman jika kepalanya dibersihkan dengan air.

Bintangku Hari Ini

* (1)

Ini bukan kegagalan, tapi keberhasilan yang tertunda. Tidak mudah meyakinkan Ayyash karena punya pengalaman yang traumatik saat mandi. Esok akan dicoba perlahan. Semangat!

#harike-14

#tantangan15hari

#zona1komprod

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia

Komunikasi Produktif Day-13

Komunikasi Produktif Day-13

Hari ini mengajarkan Ayyash manggunakan sendok untuk makan.

Temuanku Hari Ini

Berbicara tentang makan masih menjadi tugas yang selalu aku up grade di setiap waktunya. Aku ingin Ayyash tumbuh dan berkembang dengan sebaik-baiknya. Nah tentang pertumbuhan tentunya akan menjadi fokus besar karena menjadi penunjang perkembangannya.

Hari ini Ayyash mengambil sendok sendiri, lalu mengambil nasi yang kusiapkan di piring kecilnya, kemudian memasukkannya ke mulut. Tahapan ini memang belum saatnya, tapi aku hanya mengajari Ayyash perlahan. Aku juga menyuapinya sembari dia makan dengan sendirinya.

Anak usia 1 tahun belum benar memasukkan makanan tepat ke mulutnya. Ia kadang hanya mengambil porsi nasinya saja. Kadang hanya lauknya saja. Jadi agar nutrisinya tetap terpenuhi, aku juga harus tetap menyuapinya dan yakin makanan yang masuk sudah memenuhi kriteria 4 bintang atau 4 kuadran yang disarankan IDAI.

Tantangan yang Kuhadapi Hari Ini

Tentu saja banyak sekali nasi yang berceceran di lantai. Sebab Ayyash belum mahir memasukkan apa yang ada di sendok ke dalam mulutnya. Aku tetap mengajari Ayyash cara yang benar menggunakan sendok. Ayyash berulang kali tidak ingin diajari. Ia ingin memegang sendok sendiri.

Poin Komunikasi Produktif Hari Ini

“Ayyash, sendoknya dimasukkan ke mulut seperti ini, Nak”, ucapku sambil meluruskan sendoknya.

Ayyash menepis tanganku karena tidak ingin dibantu.

“Nak, sendoknya begini, tidak terbalik ya”, ucapku melihat ia membalikkan sendok.

Tentu saja makanannya menjadi jatuh. Tapi tak mengapa, karena proses belajar tentu ada perjuangan di dalamnya.

Aku kembali melihat Ayyash yang mengambil nasi dan memasukkannya ke mulut. Setelah nasi yang ia sendok sendiri ke mulut habis dikunyah, giliranku yang menyuapinya dengan menu lengkap.

Aku belum berhasil mengajarkan Ayyash menggunakan sendok dengan baik karena ia lebih sering ingin memainkan sendoknya.

Rencanaku Esok Hari

Masih terus melatih Ayyash agar dapat memegang sendok dengan benar. Jika sendok telah digenggam dengan benar, makanan yang masuk ke mulutnya pun akan lebih banyak.

Bintangku Hari Ini

** (2)

Walaupun belum berhasil, namun perjuangannya tidak membuat Ayyash menangis atau merengek.

#harike-13

#tantangan15hari

#zona1komprod

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia

Komunikasi Produktif Day-12

Komunikasi Produktif Day-12

Hari ini mengajarkan Ayyash agar tidak menaiki meja

Temuanku Hari Ini

Ayyash menaiki meja kemudian berdiri di atasnya. Kemudian ia berjalan-jalan di atas meja, sambil bermain. Saya yang melihatnya langsung mengambil tindakan dan mengatakan pada Ayyash bahwa meja bukan untuk pijakan berdiri. Meja untuk tempat hidangan makanan, minuman, dan meletakkan benda.

Tantangan yang Kuhadapi Hari Ini

Ayyash tidak mau turun dari meja setelah kuminta untuk turun. Ia malah tertawa gembira berdiri di atas meja. Beberapa kali Ayyash tidak mendengarkan ajakanku, tapi kemudian ia mau kuajak turun setelah kuimingi mainan yang baru ia lihat.

Poin Komunikasi Produktif Hari Ini

Aku mencoba mengajak Ayyash dengan suara yang tegas agar ia mau turun. Aku belum berhasil. Kucoba dengan suara lembut untuk meminta, ia juga tidak mau. Kemudian aku melihat ada mainan sepupunya di sekitaran meja. Aku menunjukkan pada Ayyassh. Ternyata ia penasaran, lalu memintaku untuk membantunya turun dari atas meja.

Rencanaku Untuk Esok Hari

Mencari cara terbaik yang disukai Ayyash agar mengikuti ajakan Bunda.

Bintangku Hari Ini

*** (3)

#harike-12

#tantangan15hari

#zona1komprod

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia

Komunikasi Produktif Day-11

Komunikasi Produktif Day-11

Hari ini mengajarkan Ayyash agar tidak membuang mainan.

Temuanku Hari Ini

Ayyash membuang mainannya setelah disusun oleh Bunda. Ayyash masih belum mengerti mengapa Bunda menyusun mainannya setelah selesai digunakan. Bunda mengajarkan pada Ayyash agar selesai bermain untuk merapikan mainan bersama.

Tantangan yang Kuhadapi Hari Ini

Bunda menyusun mainan, tak lama kemudian Ayyash mengambilnya dan melemparnya lebih jauh. Bunda mengambilnya satu per satu, lalu merapikannya kembali. Belum selesai dirapikan, Ayyash melempar mainannya kembali.

Poin Komunikasi Produktif Hari Ini

Satu kata yang terdengar cukup jelas dari Ayyash adalah kata “jatuh”. Ketika ia melempar mainannya, ia mengatakan “jatuh”. Bunda dan Ayah tersenyum gemas melihat tingkah Ayyash.

“Ayyash, kita susun yuk mainannya”

“Jatuh”, sambil melempar mainannya.

“Ya jadi jatuh, kan Ayyash lempar”, ucapku dengan senyum gemas.

Kurapikan kembali mainannya yang telah dilempar satu per satu. Ayyash mengambil mainan itu kembali.

“Jatuh”, sambil melempar mainan lebih jauh.

“Hahaha, Ayyash sih melempar mainan, ya jatuh jadinya Sayang”.

Ayyash terlalu lucu, aku nggak akan sanggup memarahi Ayyash.

“Ayyash temanin Bunda menyusun mainan yuk, biar rumahnya rapi”, ajakku.

Ayyash masih mengambil mainan dan melemparkannya.

Aku hanya bisa tertawa melihat tingkah Ayyash. Sepertinya aku harus menggunakan tanganku untuk mengajarinya.

“Nah, kita susun begini”, ucapku sambil memegang tangannya menggenggam mainan agar tidak dilempar kembali.

“Tuh kan, jadi rapi kalau begini Nak. Ayyash juga lebih nyaman kalau mau main yang lain”

Ayyash kemudian memperhatikan mainan yang telah tersusun. Aku mengajak Ayyash bermain yang lain agar mainan yang tadi tidak dilempar kembali.

Rencanaku Untuk Esok Hari

Kembali mengajarkan Ayyash agar menyusun mainannya ketika selesai digunakan. Hari ini masih menggunakan tanganku untuk mengajarinya. Besok kegiatan ini akan diulang kembali, sehingga Ayyash terbiasa melakukannya. Dan paham cara merapikannya seperti apa. Selanjutnya aku tak perlu menggunakan tanganku untuk melatih Ayyash, tapi hanya dengan kalimat ajakan saja Ayyash sudah mengerti.

Bintangku Hari Ini

**** (4)

#harike-11

#tantangan15hari

#zona1komprod

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia

Komunikasi Produktif Day-10

Komunikasi Produktif Day-10

Hari ini mengajarkan Ayyash agar tidak berjalan dan berlari saat makan.

Temuanku Hari Ini

Ayyash berjalan saat makan. Ia memang sedang mengeksplorasi gerak motoriknya. Ayyash juga berlari karena ia memang senang bermain. Kata orangtua, usia Ayyash yang 1 tahun 5 bulan seperti sekarang ini memang sedang senang-senangnya berlari.

Tantangan yang Kuhadapi Hari Ini

Aku cukup sulit untuk mengajak Ayyash untuk duduk ketika makan. Jika ia kuletakkan di booster chair, ia sudah tidak betah lagi. Saat memulai MPASI, aku memang sering meletakkannya di booster chair, tapi untuk saat ini ia menolak untuk duduk dan makan di bosster chair.

Poin Komunikasi Produktif Hari Ini

Aku mencoba mengajak Ayyash agar duduk ketika makan.

“Ayyash duduk yuk makannya, Sayang”

Ayyash berlari ketika kuajak.

Kusuap makanan ke mulutnya, lalu mengajaknya duduk.

“Nah, makannya duduk seperti ini ya Nak”.

Ayyash duduk sebentar, setelah itu ia berlari kembali.

Kucoba untuk meletakkannya di booster chair. Ia merengek minta dibukakan beltnya. Kemudian kubuka beltnya, ia pun langsung berlari.

Kusuap kembali Ayyash dengan mendudukkannya. Ia menerima suapanku, tapi setelah itu ia berlari kembali.

Aku seperti kejar-kejaran dengan Ayyash. Ini sungguh tidak baik. Tapi saat ini aku butuh memberikan nutrisi terbaiknya buatnya. Sedih sekali karena Ayyash masih terdistraksi ketika makan.

Tentu saja sebagai seorang ibu, aku tidak menginginkan ini. Ingin rasanya Ayyash bisa duduk manis sambil makan tanpa distraksi apapun.

Kucoba mengajak Ayyash duduk kembali dengan mengimingi membaca buku.

“Ketika ayah pulang kerja aku sambut dengan gembira”, sepenggal kalimat dari buku kubacakan dan Ayyash tertarik mendekatiku.

“Nah, duduk di sini ya Nak makannya. Bunda bacain bukunya. Ayyash duduk aja ya”

Ayyash menuruti ajakanku. Sambil menyuapinya, kubacakan buku yang berjudul Ayah Tercinta dengan suara gembira pada Ayyash.

Alhamdulillah, berhasil mengajaknya duduk.

Rencanaku Untuk Esok Hari

Aku ingin membuat cerita atau kisah yang kutulis sendiri, lalu menceritakannya pada Ayyash. Jadi aku akan bercerita tanpa media buku. Sehingga Ayyash lebih fokus pada makanannya dan tetap mendengar ceritaku tanpa buku.

Bintangku Hari Ini

*** (3)

#harike-10

#tantangan15hari

#zona1komprod

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia

Komunikasi Produktif Day-9

Komunikasi Produktif Day-9

Hari ini mengajarkan Ayyash agar tidak meminum minyak telon. Minyak telon bukan minuman, walaupun bentuknya seperti air mineral.

Temuanku Hari Ini

Ketika memakaikan baju ke Ayyash, ia melihat minyak telon ada di sebelahnya. Lalu memintaku untuk membukakan tutup botolnya dengan merengek. Setelah kubuka, tutup botol minyak telon dimasukkan ke mulut dengan wajah bahagia dan berbinar. Lalu ujung botol dimasukkan ke mulut seperti ingin diminum.

Poin Komunikasi Produktif Hari Ini

Aku segera memasang pakaiannya Ayyash agar langsung mengurusi minyak telon yang sudah digenggamannya.

“Ayyash, Bunda mau pakein minyak telonnya ke Ayyash biar hangat, sayang”

Dia tidak memberikannya. Mungkin tahu kalau itu salah satu caraku agar menyembunyikan minyak telonnya.

“Ayyash, minyak telonnya tidak boleh diminum ya. Minyak telon bukan untuk diminum, tapi diusap ke badannya Ayyash, Nak”

Ia tidak menghiraukanku, dan malah semakin asyik mengemut botol minyak telonnya.

“Ayyash, minyak telon itu untuk diusap ke badannya Ayyash. Bunda minta dong sedikit aja”

Ayyash tetap tidak mau memberikannya.

Kemudian aku mencoba menggambilnya dari tangan Ayyash. Ia menangis. Lalu kembali mengambil minyak telonnya.

Aku menutup botolnya agar ia tidak sampai meminum minyak telonnya. Ayyash kembali menangis. Ia tidak mau jika botolnya ditutup.

“Ayyash, minyak telon itu enak ya? Nggak enak sayang. Ayyash minum air putih aja yuk”

Ayyash tetap tidak mau. Tangisannya semakin kuat.

Aku berjalan keluar kamar mengambil gelas dan air minum untuk Ayyash.

“Nah, ini minuman buat Ayyash”

Ia tidak mau minum. Ia hanya menginginkan botol minyak telonnya.

“Kalau gitu kita ke luar rumah aja yuk. Tuh ada kakak-kakak yang berlarian. Kita lihat dari pintu yuk”

Akhirnya ajakanku disambut gembira oleh Ayyash.

Rencanaku Untuk Esok Hari

Masih menjelaskan kepada Ayyash untuk tidak mengemut botol minyak telonnya. Terus melakukan komunikasi produktif tiap harinya. Ayyash harus tahu apa yang seharusnya masuk ke mulut, yaitu makanan dan minuman. Sementara mainan dan perlengkapan pribadinya tidak untuk dimasukkan ke mulut.

Bintangku Hari Ini

*** (3)

Ayyash belum paham mengapa botol minyak telon tidak boleh dimasukkan ke mulut. Caraku untuk mencegahnya masih dengan mengajak hal yang lebih ia sukai.

#harike-9

#tantangan15hari

#zona1komprod

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia

Komunikasi Produktif Day-8

Komunikasi Produktif Day-8

Hari ini mengajarkan Ayyash agar tidak membuang mainannya jika sudah tidak ingin bermain lagi.

Temuanku Hari Ini

Ayyash bermain susun lingkaran. Ia menyusunnya dengan baik, walaupun lingkaran yang kecil ada yang di bawah dan yang besar malah di atas. Tetapi ia mampu memasukkannya satu per satu dengan sabar. Setelah memainkannya beberapa kali, ia membuang semuanya ke jendela kamar kami yang bisa dijangkau Ayyash.

Poin Komunikasi Produktif Hari Ini

“Ayyash, ayo main susun lingkaran yuk”

Ayyash tertawa dan langsung mengambil lingkaran-lingkarannya.

“Ayo masukin yang ini”, ucapku sambil menunjuk lingkaran yang akan dimasukkan.

Ayyashh memasukkannya dengan cepat.

Tanpa kuperintah, ia memasukkannya satu per satu walaupun tidak urut, yang besar ada di atas, yang kecil malah di bawah. Jika aku menunjukkan lingkaran yang seharusnya ia masukkan, ia menurutiku.

Kami mengulang permainan itu hingga 3 kali, sampai Ayyash bosan. Ketika ia bosan, ia membuang beberapa lingkarannya ke luar jendela kamar.

“Ayyash, kenapa lingkarannya di buang, Nak?”

Ayyash mengambil bolanya. Kali ini ia ingin bermain bola sepertinya.

“Lihat tuh, mainannya di luar, nanti Ayyash kalau main lingkaran susun nggak lengkap lagi dong lingkarannya”

Ia melihat ke bawah jendela dan malah ingin membuang bolanya juga ke luar.

“Eh, bolanya tidak dibuang juga ya. Ayyash mau main bola, bukan? Kalau dilempar keluar tidak bisa bermain bola lagi”

Ayyash menunjuk lingkaran-lingkarannya yang di luar. Sepertinya ia ingin mengambil kembali.

“Yuk keluar rumah, kita ambil lingkarannya. Setelah itu, lingkarannya tidak dibuang lagi ya sayang”

Ayyash berlari menuju pintu rumah, mengetuk-etuk pintunya. Ia ingin bergegas mengambil lingkarannya.

Aku menggendong Ayyash dan memunguti lingkarannya. Lalu mencuci semuanya agar bersih. Kemudian mengelapnya. Lalu Ayyash bermain lingkaran susun kembali.

“Nah sekarang tidak boleh dilempar lagi ya lingkarannya. Kalau Ayash tidak mau bermain lingkaran, dibiarkan aja di sini”, menunjuk lingkaran yang di karpet.

Ia melihatku. Walau aku tidak tahu apakah ia paham, setidaknya Ayyash untuk sesi ini tidak membuang mainannya lagi ke luar.

Rencanaku Untuk Esok Hari

Terus menerus mengajarkan Ayyash agar selesai bermain untuk merapikan mainannya. Jika ia belum mau, saya dulu yang merapikannya. Atau membiarkannya terlebih dahulu, jika nanti sudah ada waktu luang, lalu dirapikan segera.

Bintangku Hari Ini

**** (4)

#harike-8

#tantangan15hari

#zona1komprod

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia

Komunikasi Produktif Day-7

Komunikasi Produktif Day-7

Hari ini mengajarkan Ayyash agar berjalan ketika jalan-jalan sore, bukan berlari.

Temuanku Hari Ini

Ayyash berlari melihat layangan di udara. Dia menunjuk layangan sambil berlari sehingga tidak melihat apa yang ada di depannya.

Poin Komunikasi Produktif Hari Ini

“Ayyash suka ya melihat layangannya?”

“Blablabla”

Ayyash mulai mengoceh yang belum bisa kudefenisikan. Tapi ia terus menunjuk layangan, pertanda bahwa ia senang melihatnya.

Ayyash berlari-lari sambil menunjuk layangan.

“Ayyash, berjalan ya Nak, tidak berlari”

Ayyash masih berlari.

Kugenggam tangannya agar ia tidak berlari. Jadi arah jalannya dapat kufokuskan.

“Nah begitu, berjalan aja. Ayyash juga bisa kok melihat layangannya tanpa berlari”.

Ia melihatku dan menunjuk layangan yang lain. Sesekali aku menggendongnya agar ia merasa lebih dekat melihat layangannya, dan kepalanya bisa kuarahkan agar tidak terlalu mendongak ke atas.

Rencanaku Untuk Esok Hari

Ayyash harus dilatih kapan harus berlari, kapan harus berjalan. Ia boleh berlari misalnya ketika di lapangan bola yang tidak banyak orangnya. Ia boleh berlari ketika di ruang tamu tidak banyak orang. Ia boleh berlari ketika bermain bola. Dan selanjutnya ia harus dilatih berjalan dengan baik.

Bintangku Hari Ini

**** (4)

Ayyash masih berlari jika aku belum menggenggam tangannya. Tapi ini masalah latihan. Jika tekun dilatih, ia akan paham kapan berlari dan berjalan.

#harike-6

#tantangan15hari

#zona1komprod

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia